Kurikulum

Program Keahlian Adm. Perkantoran

Kompetensi keahlian Administrasi perkantoran merupakan salah satu dari 3 Kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 15 Jakarta. Dalam kompetensi keahlian ini peserta didik mempelajari beberapa kompetensi umum sama seperti yang dipelajari di SMK sejenis lainnya antara lain mempelajari  bagaimana cara melayani tamu dengan baik,  menerima telepon, dan mengetik surat atau naskah dengan cepat  menggunakan computer, serta lain-lain pekerjaan yang dipersiapkan bagi tenaga kerja tingkat menengah bidang administrasi perkantoran. Suatu bidang pekerjaan yang dibutuhkan di pelbagai perusahaan, baik perusahaan skala kecil, menengah maupun besar. Suatu pekerjaan administrasi yang dapat dilakukan di mana saja di segala bidang pekerjaan dan profesi.

Secara spesifik pekerjaan yang banyak membutuhkan lulusan administrasi perkantoran antara lain: staff administrasi, sekretaris, resepsionist, operator telepon, front office, Event Organizer, Juru Tik, Manager  dan sebagainya.  Namun demikian selain bidang pekerjaan di atas sesuai dengan visi dan misi  SMK Negeri 15 Jakarta lulusan kompetensi keahlian administrasi perkantoran  SMK Negeri 15 Jakarta dipersiapkan juga menjadi  wirausaha muda karena di SMK Negeri 15 Jakarta para peserta didik juga mendapatkan pengetahuan dan pelatihan di bidang kewirausahaan dan dipersiapkan juga  untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi (perguruan tinggi) yang relevanUntuk menunjang kebutuhan tamatan sesuai dengan keinginannya Administrasi Perkantoran SMK Negeri 15 Jakarta selalu merawat dan mengembangkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan  dan memberikan pengetahuan dan keterampilan  yang termuat pada struktur kurikulum sejumlah  20 kompetensi.

Dalam ke-18 kompetensi tersebut  terdapat pengetahun dan keterampilan berikut:

  1. Mengetik 10 jari
  2. Mengoperasikan Komputer
  3. Kemampuan berkomunikasi dan mengelola  informasi
  4. Ketrampilan Bertelepon
  5. Surat Menyurat (Korespondensi)
  6. Mengelola Arsip
  7. Steno (Menulis Cepat)
  8. Kemampuan Manajerial
  9. Bahasa Inggris
  10. Kepribadian (Berpenampilan dan Etika dalam Bekerja)
  11. Bekerjasama dengan Tim
  12. Pelayanan Kepada Pelanggan
  13. Hitung Keuangan sederhana
  14. Keselamatan Kerja
  15. Teknologi Peralatan Kantor
  16. Presentasi
  17. Penggandaan Dokumen
  18. Internet
  19. Mengatur Rapat
  20. Menangani (Handle) Kegiatan Pimpinan

Untuk Photo Kegiatan Klik Link di bawah ini :